Kamis, 12 Januari 2012

Visi dan Misi Seminarium Marianum Keuskupan Malang



Visi Seminarium Marianum

Seminari Marianum adalah lembaga dan tempat pendidikan calon imam tingkat menengah yang bernaung di bawah perlindungan Bunda Maria. Oleh karena itu, Seminarium Marianum bercita-cita agar para seminaris yang didik dan didampingi didalamnya menghayati panggilan mereka seturut teladan hidup Bunda Maria, yang :

  1. Sanctitas; berupaya hidup murni bagi Allah
  2. Sanitas; mengupayakan perkembangan pribadi yang sehat, dewasa serta berkualitas sehingga tangguh dalam menjalani hidup.
  3. Simplicitas; hidup sederhana, jujur dan tulus sehingga mampu terbuka terhadap panggilan Allah dan karyaNya.
  4. Societas; menghayati hidup bersama yang saling mendukung dan menguatkan dalam suasana persaudaraan sejati.
  5. Solidaritas; Memiliki perhatian, belas kasih dan bela rasa (empati) terhadap sesama yang membutuhkan.
  6. Sapientia; Mengolah dan mengasah akal budi sehingga bijak dalam hidup.

Misi Seminarium Marianum
1.      Menjadi tempat belajar untuk mengembangkan kemampuan rohani dan intelektual serta kepekaan hati secara seimbang sehingga para seminaris mampu menjadi pribadi yang bijaksana dan dewasa dalam menghayati panggilan hidupnya.
2.      Mendampingi, mendidik dan mengarahkan para seminaris dalam mencapai perkembangan pribadi yang sehat, mantap, dewasa berkualitas, tangguh dan mampu menerima kelemahan dan kelebihan diri, bakat dan minatnya, sehingga mereka mampu tumbuh menjadi pribadi yang bertanggungjawab, berinisiatif, kreatif, eksploratif, jujur, tekun dan dapat menjadi pemimpin yang baik.
3.      Menjadi tempat untuk membina ketrampilan pastoral, misioner dan solidaritas sehingga para seminaris sejak dini mempersiapkan diri untuk menjawab tuntutan-tuntutan panggilan.
4.      Menjadi tempat membina relasi personal antar seminaris dalam situasi dan kondisi hidup bersama yang penuh persaudaraan, saling mendukung dan menguatkan sehingga para seminaris memiliki keseimbangan antara hidup individual, rohani dan sosial.
5.      Menjadi tempat membina relasi personal para seminaris dengan Allah guna meraih kedewasaan Kristiani.
6.      Mengarahkan para seminaris untuk menjadi imam diosesan Keuskupan Malang dan biarawan Ordo Karmel. Pilihan untuk memasuki dioses dan tarekat lain tidak dilarang asalkan dengan pertimbangan yang matang bersama pembimbing rohani dan atas persetujuan Rektor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar